LENGKAP: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 44 Sampai 98
Semangat belajar! Kali ini kami dari Media Pembelajaran akan menyajikan artikel tentang Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 yang lengkap yakni dari halaman 44 sampai halaman 98. Adapun Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 adalah sebagai berikut.
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 45 Subtema 2
Alternatif Jawaban:
1. Apa?
Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946.
2. Mengapa?
Untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.
3. Siapa? Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia)
4. Bagaimana?
Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang amunisi besar milik tentara Sekutu.
5. Kapan?
23 Maret 1946
6. Dimana?
Di kota Bandung
Diskusikan peta pikiranmu secara berpasangan
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 46 Subtema 2
Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif.
Alternatif Jawaban:
Pertempuran Surabaya terjadi pada tanggal 27 Oktober - 20 November 1945 bertempat di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Pertempuran ini melibatkan rakyat Indonesia dan tentara Inggris. Pertempuran Surabaya meletus setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby pada tanggal 30 Oktober 1945 sekitar puukl 20.30.
Rakyat Indonesia tidak mengacuhkan ultimatum yang diberikan pihak tentara Inggris menanggapi tewasnya Mallaby. Malah rakyat Indonesia melakukan pertempuran hebat melawan tentara Inggris yang berlangsung selama sekitar 3 minggu.Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Sangat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita untuk menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.
Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!
Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya?
Alternatif Jawaban:
Makna yang dapat dipetik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam pertempuran Surabaya adalah sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia berhak mengatur hidupnya sendiri. Kita tidak boleh tergantung pada bangsa asing. Bahkan jika ada bangsa yang ingin mengatur kita, kita harus berjuang melawannya dan mempertahankan kemerdekaan kita.
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 48 Subtema 2
Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu
Alternatif Jawaban:
1. Ayam
- Ciri-ciri Hewan:
Berkembang biak dengan bertelur, hewan berkaki dua, berbulu, termasuk kelompok unggaas, dan memiliki paruh.
- Ciri-ciri Habitat:
Terdapat didaratan seperti hutan, pekarangan rumah, pertanian dan perkebunan.
2. Ikan
- Ciri-ciri Hewan:
Berkembang biak dengan cara ovipar, ovovivipar, atau vivipar, memiliki sisik, sirip dan bernafas menggunakan insang.
- Ciri-ciri Habitat:
Hidup di perairan air tawar atau laut (asin) tergantung jenis ikannya.
3. Bebek
- Ciri-ciri Hewan:
Berkembang biak dengan bertelur, berbulu, memiliki paruh, kaki berselaput, dan memiliki sayap.
-Ciri-ciri Habitat:
Daratan yang becek, atau dekat perairan air tawar.
4. Cecak
- Ciri-ciri Hewan:
Memiliki perekat pada telapak kakinya, ekor bisa putus ketika terancam, memiliki 4 kaki, bertelur.
- Ciri-ciri Habitat:
Hidup di permukaan vertikal, seperti tembok dan horizontal seperti atap rumah.
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 49 Subtema 2
Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!
Alternatif Jawaban:
Terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya. Habitat sangat mempengaruhi ciri-ciri dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup akan beradaptasi dengan kondisi alam di habitatnya. Ciri-ciri hewan disesuaikan dengan habitatnya agar bisa bertahan hidup.
Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan segala keunikan dan keistimewaannya, tidak terkecuali hewan. Keunikan dan keistimewaan hewan tersebut kita kenal dengan ciri khusus. Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 50 Subtema 2
Alternatif Jawaban:
1. Kelelawar
Ciri khusus : mampu mengeluarkan bunyi ultrasonik, beraktivitas di malam hari, berwarna gelap
Ciri habitat : di lingkungan yang rimbun dan gelap
2. Lebah
Ciri khusus:
Memiliki sengat pada ekornya, dapat menghasilkan madu, memiliki sayap untuk terbang
Ciri habitat:
Lingkungan yang memiliki banyak tumbuhan dan bunga
3. Kadal
Ciri khusus:
Dapat memanjat pohon karena memiliki kaki yang rekat, berlari cepat, biasanya memutuskan ekor ketika rerancam.
Ciri habitat:
Di tempat yang banyak serangga
Tulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!
Alternatif Jawaban:
Ciri khusus menjadi identitas suatu hewan sekaligus untuk beradaptasi dengan habitat lingkungannya.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 53 Subtema 2
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?
Alternatif Jawaban:
Perbedaan permainan yang digemari, kebiasaan, bahasa, adat, agama, warna kulit, serta daerah asal.
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Alternatif Jawaban:
Edo dan kawan-kawan tak peduli dengan perbedaan yang ada. Mereka lebih memilih saling memahami.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 54 Subtema 2
Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Alternatif Jawaban:
Tidak, mereka tetap dapat bekerja sama, rukun, dan bersatu meskipun dalam perbedaan.
Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orangorang yang berbeda?
Alternatif Jawaban:
Dapat mempermudah pekerjaan. Selain itu, kita pun dapat menambah teman, serta mengenal hal-hal baru.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contohnya!
Alternatif Jawaban:
Pernah, misalkan saya pernah ditanya oleh teman yang berbeda agama tentang materi yang belum dia mengerti. Dengan senang hati saya pun membantunya.
Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Alternatif Jawaban:
Perbedaan bukanlah penghambat. Justru dengan perbedaan dapat membuat kita mengenal hal-hal baru dan pastinya memperbanyak teman.
Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Alternatif Jawaban:
Pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Selain itu, keutuhan NKRI pun akan tetap terjaga.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 55 Subtema 2
Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!
Alternatif Jawaban:
Pola lantai merupakan suatu pola yang menentukan arah perpindahan atau pergeseran posisi serta menentukan gerakan yang harus dilakukan oleh penari untuk menguasai suatu ruang.
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut! Sekarang kamu akan menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang
berasal dari Sumatra Barat.
Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai dalam tari Indang
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 58 Subtema 2
Apa yang kamu ketahui tentang bilangan desimal tersebut? Jelaskan!
ALternatif Jawaban:
Bilangan desimal adalah sistem bilangan yang menggunakan angka berbasis 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Bilangan desimal disebut juga dengan sistem bilangan seper sepuluh. Pada bilangan desimal terdapat koma yang memisahkan bilangan bulat dan pecahan.
Jelaskan setiap angka yang terdapat pada bilangan tersebut!
ALternatif Jawaban:
a. 4,5 meter
4 = bilangan satuan
5 = bilangan persepuluhan
b. 3,5 meter
3 = bilangan satuan
5 = bilangan persepuluhan
c. 15,75 meter
1 = bilangan puluhan
5 = bilangan satuan
7 = bilangan persepuluhan
5 = bilangan perseratusan
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 60 Subtema 2
Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui cara menentukan nilai bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat. Gunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai masing-masing bilangan
berikut!
1. 3,654
Alternatif Jawaban:
3 = bilangan satuan
6 = bilangan persepuluhan (0,6)
5 = bilangan perseratusan (0,05)
4 = bilangan perseribuan (0,004)
2. 32,876
Alternatif Jawaban:
3 = bilangan puluhan (30)
2 = bilangan satuan
8 = bilangan persepuluhan (0,8)
7 = bilangan perseratusan (0,07)
6 = bilangan perseribuan (0,006)
3. 0,963
Alternatif Jawaban:
0 = bilangan satuan
9 = bilangan persepuluhan (0,9)
6 = bilangan perseratusan (0,06)
3 = bilangan perseribuan (0,003)
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 61 Subtema 2
4. 324,123
Alternatif jawaban:
3 = bilangan ratusan (300)
2 = bilangan puluhan (20)
4 = bilangan satuan
1 = bilangan persepuluhan (0,1)
2 = bilangan perseratusan (0,02)
3 = bilangan perseribuan (0,003)
5. 863,247
Alternatif jawaban:
8 = bilangan ratusan (800)
6 = bilangan puluhan (60)
3 = bilangan satuan
2 = bilangan persepuluhan (0,2)
4 = bilangan perseratusan (0,04)
7 = bilangan perseribuan (0,007)
Tulis bilangan desimal hingga perseribuan sesuai keinginanmu!
Alternatif Jawaban:
1. 4,586
2. 12,973
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 62 Subtema 2
Tulislah kesimpulanmu tentang bilangan desimal!
Alternatif Jawaban:
Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai penyebut khusus, yaitu sepuluh, seratus, seribu, dan seterusnya.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 66 Subtema 2
Alternatif Jawaban:
- Apa
Pertempuran Ambarawa antara pejuang Indonesia dengan pasukan Sekutu dan NICA.
- Mengapa
Sekutu mengingkari janjinya, karena tidak hanya membebaskan pasukan Belanda, namun juga mempersenjatainya.
- Siapa
Pasukan Sekutu, NICA, TKR Indonesia.
- Di mana
Di Ambarawa
- Kapan
12 hingga 15 Oktober 1945.
- Bagaimana
Kolonel Soedirman beserta pasukannya bertempur dengan taktik gelar supit urang yang mengurung musuh. Setelah bertempur selama 4 hari, Indonesia berhasil membuat Sekutu mundur sehingga Ambarawa berhasil dipertahankan.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 67 Subtema 2
1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!
Alternatif Jawaban:
Memukul mundur Sekutu dari Ambarawa dengan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.
2. Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?
Alternatif Jawaban:
Upaya yang dilakukan pejuang Indonesia sangat hebat. Meskipun tentara Sekutu mempunyai senjata lebih canggih, pejuang Indonesia tetap berani melawan. Para pejuang juga menggunakan taktik khusus yang sangat cerdas sehingga mampu memukul mundur pasukan Sekutu.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 68 Subtema 2
3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?
Alternatif Jawaban:
Sikap tentara NICA sangat tidak patut dicontoh.
4. Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?
Alternatif Jawaban:
Taktik gelar supit urang sangatlah cerdas. Taktik ini mampu memukul mundur pasukan Sekutu dari Ambarawa.
5. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?
Alternatif Jawaban:
Pantang menyerah, berani, mau bersatu, kerja sama yang kuat.
6. Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!
Alternatif Jawaban:
- Tidak memilih-milih teman
- Tetap bersatu meski pun banyak perbedaan
- Bekerja sama untuk menjaga kampung
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 70 Subtema 2
Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
Alternatif Jawaban:
Hyena akan memanggil teman mereka ketika melihat hewan lain yang masuk ke wilayahnya. Hyena akan menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.
Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
Alternatif Jawaban:
Hyena dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 71 Subtema 2
Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!
Alternatif Jawaban:
Hyena merupakan hewan yang cerdas untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal tersebut terbukti ketika ada penyusup di wilayahnya. Hyena akan menghitung jumlah penyusup, kemudian memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.
Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 72 Subtema 2
Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri.
Alternatif Jawaban:
1. Cumi-cumi
Mempertahankan diri dengan mengeluarkan tinta hitam pekat ketika ada hewan yang mengancam. Tinta hitam pekat ini dapat menghambat penglihatan pemangsa. Ketika itu, cumi-cumi akan melarikan diri.
2. Walang Sangit
Ketika terancam, walang sangit akan mengeluarkan bau menyengat yang tidak sedap. Bau itu akan membuat pemangsa menjauh.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 73 Subtema 2
Alternatif Jawaban:
1. Cumi-cumi
Mempertahankan diri dengan mengeluarkan tinta hitam pekat ketika ada hewan yang mengancam. Tinta hitam pekat ini dapat menghambat penglihatan pemangsa. Ketika itu, cumi-cumi akan melarikan diri.
2. Walang Sangit
Ketika terancam, walang sangit akan mengeluarkan bau menyengat yang tidak sedap. Bau itu akan membuat pemangsa menjauh.
3. Siput
Siput memiliki cangkang. Cangkang siput digunakan sebagai tempat tinggal. Selain itu, cangkang juga dapat menjadi tempat berlindung ketika terancam.
Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut!
Alternatif Jawaban:
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 78 Subtema 2
Alternatif Jawaban :
- Apa?
Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat
- Mengapa?
Diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbelakangi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia
- Siapa?
Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn, Inggris diwakili oleh Lord Killearn
- Bagaimana?
Belanda mengakui secara de facto wilayah RI dan meninggalkan wilayah RI. Sepakat membentuk RIS dan tergabung dalam Persemakmuran
- Kapan?
15 November 1946 – 25 Maret 1947
- Dimana?
Linggarjati, Jawa Barat
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 79 Subtema 2
Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?
Alternatif Jawaban:
Rasa persatuan dan kesatuan menurutku dapat meningkatkan rasa persahabatan, kekeluargaan dan tolong menolong antar sesama dan meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air
Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Alternatif Jawaban:
Contoh sikap yang menunjukan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari antara lain :
1. Hidup rukun antara sesama manusia, saling tolong menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan.
2. Selalu menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
3. Ikut serta dalam kegiatan desa, seperti gotong royong, kerja bakti, ronda, dan acara desa lainnya.
4. Menjaga keamanan dan perdamaian di sekitar lingkungan bermasyarakat.
5. Ikut serta dalam kegiatan pembangunan yang di selenggarakan pemerintah.
Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?
Alternatif Jawaban:
Manfaat Persatuan dan Kesatuan adalah bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.
Hari ini kamu akan berlatih drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan penjelasan dari guru tentang aturan pelaksanaan latihan!
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 80 Subtema 2
Berdasarkan dialog di atas, Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita sepanjang 1/4 meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter. Siapa yang menggunakan pita paling panjang? Jelaskan.
Alternatif Jawaban:
Lani menggunakan pita 0,5 meter, Siti menggunakan 1/4 meter, jika dirubah menjadi bentuk desimal adalah 0,25, sedangkan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter. Dilihat dari bilangangan yang ada maka Dayu menggunakan pita yang paling panjang.
Tulis urutan penggunaan pita dari yang terpendek hingga yang terpanjang dengan mengisi tabel berikut
Alternatif Jawaban:
1. Siti 0,25 meter
2. Lani 0,5 meter
3. Dayu 1,2 meter
Penjelasan
Dilihat dari angka satuannya Dayu memiliki angka 1 sedangkan yang lainnya adalah 0. Sehingga pita Dayu adalah yang paling panjang. Siti dan Lani sama-sama memiliki angka satuan 0. Namin, jika dilihat dari angka persepuluhannya Lani memiliki angka 5 sedangkan Siti memiliki angka 2 jadi pita lani lebih panjang dari pita Siti.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 82 Subtema 2
Kamu telah mengetahui cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal. Selesaikan soal-soal berikut!
1. Perhatikan kartu bilangan berikut! Bandingkan bilangan berikut. Gunakan tanda > atau<.
Jawaban:
0,573 < 0,753
0,952 > 0,259
17,952 > 16,052
17,246 < 17,624
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 83 Subtema 2
2. Perhatikan bilangan pada tabel berikut!
17,235 ; 0,343 ; 7,826 ; 0,433 ; 17,325 ; 7,286 ; 0,6 ; 0,32
Urutkan bilangan pada tabel tersebut dari yang terkecil hingga terbesar:
Jawaban:
Urutan dari terkecil ke terbesar adalah : 0,32 ; 0,343 ; 0,433 ; 0,6 ; 7,286 ; 7,826 ; 17,235 ; 17,325
3. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil!
Jawaban :
1,3 = 1,300
1 1/8 = 1,125
0,9 = 0,900
3/4 = 0,750
0,6 = 0,600
1/8 = 0,125
4. Buatlah soal seperti latihan di atas! Minta salah seorang temanmu mengurutkan bilangan tersebut.
Alternatif Jawaban:
Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terbesar : 3/5, 0,68, 1 1/4, dan 2/3
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 86 Subtema 2
Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?
Alternatif Jawaban:
Tentu saja iya dapat terlaksana dengan baik. Dengan kerjasama tugas mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dapat terselesaikan dengan baik.
Apakah tujuan dapat tercapai melalui kerja sama tersebut?
Alternatif Jawaban:
Tujuan juga dapat tercapai yaitu selesainya tugas tepat waktu.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 87 Subtema 2
Apakah kamu sudah dapat melakukan seluruh gerakan dengan baik?
Jawaban : Disesuaikan
Gerakan mana yang sudah kamu kuasai dengan baik? Jelaskan!
Jawaban : Disesuaikan
Gerakan mana yang belum kamu kuasai dengan baik?
Jawaban : Disesuaikan
Apa rencanamu agar gerakan tersebut lebih baik lagi?
Alternatif Jawaban:
- Banyak berlatih
- Mengulangi kegiatan atau gerakan yang sudah di praktekan.
...............................................................
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 91 dan 92 Subtema 2
Selesaikan soal-soal cerita berikut!
1. Ibu Edo mempunyai persediaan 2,5 kg gula di rumah. Hari ini Ibu membeli lagi 1/4 kg gula di warung dekat rumah untuk tambahan membuat pesanan kue.
Berapa kg jumlah gula keseluruhan?
Jawab:
= 2,5 kg + 1/4 kg
= 2,5 kg + 0,25 kg
= 2,75 kg
Jika gula tersebut hanya digunakan 2,7 kg, berapa sisa gula sekarang?
Jawaban :
= 2,75 kg - 2,7 kg
= 0,05 kg
2. Beni mempunyai kayu dengan panjang 1,5 meter untuk membingkai sebuah prakarya. Setelah digunakan, kayu tersebut masih tersisa 1/4 meter. Berapa meter kayu yang terpakai untuk membingkai?
Jawaban :
Diketahui:
Kayu beni semula = 1,5 m
Setelah dipakai sisa = 1/4 m → ingat 1/4 = 0,25
Ditanya kayu yang digunakan = .. ?
Jawab:
kayu yang digunakan = kayu semula - kayu sisa
= 1,5 m - 0,25 m
= 1,25 m
Jadi kayu yang digunakan beni adalah 1,25 m
3. Minggu lalu Ibu Lani membeli 2 3/4 kg telur ayam dan disimpan di kulkas. 1,7 kg dari telur tersebut telah dimasak.
Berapa kg telur yang tersisa di kulkas?
Jawaban :
Dalam bentuk desimal.
2 3/4 = 11/4 = 11/4 × 25/25 = 275/100 = 2,75
2,75 - 1,7 = 1,05
Jadi kg telur yang tersisa di kulkas adalah 1,05 kg telur.
Dalam bentuk pecahan.
2 3/4 + 1,7 = 1,7 = 17/10
= 2 + ( 3/4 - 17/10 )
= 2 + ( 30/40 - 68/40 )
= 2 + 38/40
= 2 + 19/20
= 2 19/20
Jadi kg telur yang tersisa di kulkas adalah 2 19/20 kg telur.
4. Buatlah soal cerita sendiri tentang hitung campur yang melibatkan pecahan dan desimal!
Alternatif Jawaban :
Pak Tono memiliki sawah seluas 8,4 hektar. Seperempat bagian dari sawah tersebut dipakai untuk menanam cabe dan sepertiga bagian ditanami kacang kacang panjang. Sisanya ditanami melon. Berapakah luas sawah yang ditanami melon?
B. Selesaikan soal-soal hitung campur berikut!
5. Buatlah soal hitung campur sendiri!
Alternatif Jawaban :
Ayah memelihara ayam sebanyak 40 ekor dalam satu kandang. 0,375 ayam jantan dan 0,2 bagian ayam betina tidak bertelur. Sisanya ayam betina bertelur. Ayam betina bertelur 1 butir setiap hari. Berapa butir telur yang dikumpulkan ayah dalam seminggu?
...............................................................
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 95 dan 96 Subtema 2
Masih ingatkah kamu cara bermain ‘Ayam dan Elang’?
Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan.
Alternatif Jawaban:
1. Keterampilan Motorik. Keterampilan ini diperlukan pada permainan ayam dan elang, karena pada permainan tersebut banyak gerakan berlari dan melompat.
2. Keterampilan Kognitif. Keterampilan ini diperlukan untuk mengingat strategi atau menghafal pola serangan elang atau pola bertahan ayam agar bisa memenangkan pertandingan.
Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?
Alternatif Jawaban:
Sudah, saya dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik.
Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?
Alternatif Jawaban:
Taktik yang diperlukan adalah kerja sama tim, kekompakan dan kecepatan.
Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?
Alternatif Jawaban:
Kerja sama sangat diperlukan dalam permainan ini agar anak ayam tidak ditangkap oleh elang.
...............................................................
...............................................................
Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut!
Kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 97 Subtema 2
Apa:
Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Bandung.
Mengapa:
Karena penduduk tidak mengikuti ultimatum dari Belanda.
Siapa:
Yang berhasil meledakkan gunung itu Muhammad Toha.
Bagaimana:
Dengan cara membakar rumah penduduk.
Kapan:
Bandung Lautan Api terjadi tanggal 23 Maret 1946.
Di mana:
Peristiwa kebakaran itu terjadi di Bandung.
...............................................................
Demikian penyajian Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 secara lengkap. Semoga bermanfaat!
Sumber:
https://www.defirdaus.com/2021/08/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-subtema-2.html
Post a Comment for "LENGKAP: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 44 Sampai 98"